Pulau Sempu Wisata Malang Selatan

Pulau Sempu menjadi satu diantara wisata pantai malang yang menjadi pusat kunjungan wisatawan diakhir pekan yang tepatnya terletak di sebelah selatan Pantai Sendang Biru Kab. Malang. Dari kota Malang jarak menuju pulau sempu bisa ditempuh kurang lebih 75 km, sekitar 2 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi dari pusat kota Malang. Pulau Sempu memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara karena Pulau Sempu masih sangat alami dengan keindahan alamnya yang sangat anggun dan menawan.

Pulau Sempu Malang

Pulau Sempu Malang

 

Pulau Sempu terletak di Samudera Hindia sebuah pulau kecil tanpa masyarakat penghuni yang terletak di bagian selatan Kabupaten Malang. Pulau ini termasuk di Objek Wisata Malang yang difungsikan sebagai cagar alam.Oleh sebab itu warga sekitar sangat menjaga dan merawat akan ekosistem flora dan fauna yang ada di pulau sempu.
Pesona keindahan alamnnya yang masih dibilang perawan sangat tepat menjadi salah satu juan kunjungan wisata anda di kota malang.disepanjang lokasi ini tak jarang akan menemui binatang2 liar misalkan Babi Hutan, Kancil,monyet dan konon katanya juga terdapat Macan Tutul serta bermacam-macam burung terutama Burung Rangkong. Tentunya selain fauna, Keseimbangan ekosistem flora juga diperhatikan di cagar alam ini.

Secara geografis, Pulau Sempu berada ± 90km di selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pulau yang memiliki luas sekitar 877 Ha ini, merupakan merupakan sebuah cagar alam yang berada dibawah naungan Balai Konservasi Sumber Daya Alam provinsi Jawa Timur.Berbagai jenis fauna seperti  Cap sebagai Cagar Alam membuat pulau ini menjadi sangat nyaman bila dikunjungi.

Jalur Menuju Pulau Sempu

 Sebelum menyeberang ke Pulau Sempu, kita wajib melapor dulu ke BKSDA yg ada disana. Setelah mengantongi Surat Ijin dari BKSDA, baru kita menuju pos nelayan yg akan menyeberangkan ke P. Sempu. Tanpa surat ijin, kita tidak akan diseberangkan oleh para nelayan disitu. Perjalanan dari Pantai Sendang Biru ke P. Sempu memakan waktu kurang lebih 15 menit.

• Jalur timur diperuntukkan bagi para pecinta alam yang menyukai tantangan dan berniat untuk memutari area Pulau Sempu. Setidaknya ada 4 medan yang akan kita temui bila melewati jalur ini, yakni susur hutan, susur rawa, sisir tebing, dan susur pantai. Jalur timur melewati Pantai Waru-Waru – Telaga Lele – Telaga Sat – Pantai Kura-Kura – Pantai Pasir Panjang – Pantai Kembar 1 – Pantai Kembar 2 – Segara Anakan – Teluk Semut.

• Jalur barat sudah umum diperuntukkan bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan segara anakan. Jalur ini relatif sudah nyaman dan aman untuk dilalui, karena jalur ini seperti buatan manusia yang sudah sering dilewati. Jalur barat melwati Teluk Semut – Segara Anakan – Teluk Semut.
Jika masih penasaran seperti apa keindahan Wisata Pulau Sempu ?? alangkah baiknya jika saat liburan menyempatkan waktu untuk berkunjung ke lokasi wisata malang yang menjadi pusat wisata pantai malang yang tergolong paling difavoritkan ini.

Postingan populer dari blog ini

Lokasi dan Tempat Objek Wisata Di Bali Terpopuler Untuk Tour

Gunung Merapi Sleman Yogyakarta Jawa Tengah

Tempat Wisata Malang Batu Paling Diminati